Batu Baginda

22 Juli 2019 198x Wisata

Beranda » Wisata » Batu Baginda
batubaginda
Pict Source: Belitunggeopark.net

Batu Baginda merupakan salah satu destinasi wisata berupa dua buah batu yang menjulang tinggi dan saling berhadapan. Jika pada umumnya batu-batu granit sering kita temukan di pantai-pantai, Batu Baginda justru ditemukan di daratan, tepatnya di bagian selatan Pulau Belitung, di Desa Padang Kandis, Kecamatan Membalong, Kabupaten Belitung. Batu Baginda merupakan batu raksasa yang terbentuk alami oleh alam berupa sepasang batu granit yang sangat besar dan memiliki ketinggian 250 meter. Oleh karena itu Batu Baginda diakui sebagai salah satu situs geosite Belitung Geopark.

Sedangkan dua buah batu yang menjulang tinggi dan saling berhadapan tersebut, oleh masyarakat setempat dijuluki Batu Laki dan Batu Bini. Batu Laki berbentuk lonjong dan tajam sedangkan batu yang bisa kita daki adalah Batu Bini karena bentuknya yang landai.

Things To do At Batu Baginda:

  • Menikmati Pemandangan alam dari ketinggian. Dari Puncak Batu Baginda, kita bisa menyaksikan pemandangan alam sekitar, perkebunan kelapa sawit yang luas, serta pemandangan laut yang berbatasan langsung dengan selat gaspar.
  • Karena keindahan alamnya, tempat ini sangat cocok bagi pencinta fotografi untuk berfoto-foto.
  • Bagi wisatawan yang berjiwa petualang dan menyukai tantangan, bisa melakukan pendakian di Batu Baginda juga, lho.

Things Not To Do At Batu Baginda:

  • Batu Baginda merupakan sebuah lokasi yang dikeramatkan oleh penduduk setempat sehingga dihimbau kepada para wisatawan untuk tidak berkata kotor dan menjaga sikap selama berada di Batu Baginda maupun daerah sekitarnya. Bila Anda melakukan hal-hal tersebut maka penunggu Batu Baginda ini bisa saja tidak senang dan akan mengganggu Anda.
  • Bagi kaum wanita juga ada pantangan yakni larangan naik ke atas bagi wanita yang sedang berada dalam masa haid.

Fasilitas Di Batu Baginda

Sayangnya dibalik keunikan dan keindahannya, sarana dan prasarana yang memadai masih belum bisa ditemukan di tempat ini. Oleh karena itu itu disarankan untuk Anda yang akan ke sini untuk membawa segala perlengkapan dan juga persediaan makanan dan minuman.

Akses Menuju Batu Baginda

Perjalanan dapat anda tempuh dari Kota Tanjungpandan, dengan jarak tempuh 70 km atau sekitar 1 jam 13 menit, menggunakan kendaraan bermotor menuju kawasan Desa Padang Kandis. Dan Jika perjalanan dilakukan dari Bandara H.A.S. Hanandjoedin, maka jarak tempuh perjalanan sekitar 1 jam 17 menit.

Untuk ke atas atau puncak bukit Batu Baginda, maka kita diharuskan untuk hiking dan climbing menggunakan tali yang sudah dipasang warga. Kenakan pakaian dan alas kaki yang nyaman serta bawa air minum yang cukup. Demi keselamatan, tidak disarankan untuk menggunakan sandal jepit ketika mendaki batu.

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.